UB Blogmetrics Award

By | 2 November 2013

UB Blogmetrics Award merupakan kegiatan dalam rangka mendukung perangkingan UB melalui situs web yang dimilikinya selain juga sarana publikasi dan promosi keunggulan UB yang efektif kepada masyarakan luas sebagai upaya yang dilakukan untuk mendukung tujuan UB agar termasuk dalam World Class University. UB Blogmetrics sendiri merupakan penghargaan yang dilakukan melalui penilaian blog terbaik yang berada dalam domain UB yang diselenggarakan oleh Unit Pemeringkatan Internasional Universitas Brawijaya.

Beberapa minggu yang lalu saya diberitahu oleh kawan Dosen Pak Nanang Suryadi, tentang UB Blogmetrics Award kalau blog saya masuk dalam nominasi UB Blogmetrics Award 2013, meskipun bukan termasuk dalam urutan yang paling atas dalam daftar nominasi UB Blogmetrics Award 2013.

Beberapa kriteria yang saya baca, di Kriteria dan Ketentuan UB Blogmetrics Award 2013 dalam kegiatan UB Blogmetrics Award ini. Dalam penilaian webometrics terdapat 4 kriteria yaitu:

    1. Impact
      Impact
      merupakan penilaian terhadap jumlah total tautan eksternal link yang diterima dari situs lain yang terpantau pada Majestic SEO
    2. Presence
      Presence
      adalah penilaian jumlah halaman yang ditemukan search engine (Google)
    3. Openness
      Openness adalah penilaian terhadap kekayaan ragam file yang dapat ditelusuri oleh masyarakat melalui search engine (Google Scholar), file yang dinilai pada webometrics hanya yang berformat Adobe Acrobat (pdf), Ms. Word (doc dan docx), Ms. Power Point (ppt), dan PostScript (ps)Excellence
    4. Excellence
      dengan melihat hasil temuan yang diambil dari Scopus yang menyajikan tulisan ilmiah, laporan dan tulisan akademis.

Baiklah, mulai dari Impact, karena blog saya ini juga miskin tautan eksternal link yang diterima dari situs lain, salah satu cara ya memang harus rajin blogging dan googling. Tapi ingat jangan sampai ganggu jam kantor. haha

UB Blogmetrics Award

Selanjutnya saya buka website Majectic Seo dan ternyata memang masih sedikit eksternal linknya. Kedua, Presence, dimana penilaian jumlah halaman yang di temukan oleh Google.
Perintah di Google:

  • site:http://luthfi.staff.ub.ac.id, hasilnya About 70 results (0.33 seconds).
  • Backlink: link:http://luthfi.staff.ub.ac.id, ditemukan cuma 1 backlink.
  • Keyword site:http://luthfi.staff.ub.ac.id, hasilnya 2 results (0.33 seconds)
  • allinurl:http://luthfi.staff.ub.ac.id, hasilnya About 67 results (0.35 seconds)

UB Blogmetrics Award Luthfi

Ketiga yaitu Openness, penilaian terhadap kekayaan ragam file yang dapat ditelusuri oleh masyarakat melalui search engine (Google Scholar), seperti Adobe Acrobat (pdf), Ms. Word (doc dan docx), Ms. Power Point (ppt), dan PostScript (ps). Yang ini masih minim sekali. Terakhir adalah Excellence, yaitu dengan melihat hasil temuan yang diambil dari Scopus yang menyajikan tulisan ilmiah, laporan dan tulisan akademis. Sedang saya cuma tenaga Kependidikan Tetap, kontent blog masih sebatas pengalaman pribadi yang saya tuangkan ke dalam blog. Baik pengalaman atau catatan pribadi yang berhubungan dengan kompetensi kerja maupun pengalaman di luar lingkungan kerja. Yang jelas harapannya semoga tulisan saya bisa bermanfaat, baik bagi saya pribadi ataupun semua pengunjung yang sudah setia singgah dan membaca tulisan saya, sesuai dengan TEMA UB BLOGMETRICS AWARD 2013, “Meningkatkan Peran Sivitas Akademika Dalam Mewujudkan World Class Enterpreneurial University” dengan Tagline : Share knowledge and be a part of UB World Class Entrepreneurial University Campaign through your blog.

Kawan… selamat berpartisipasi di UB Blogmetrics Award.