Pengenalan Dasar Internet: Domain dan Hosting

By | 9 November 2013

pengenalan dasar internet domain dan hostingPengenalan dasar internet domain dan hosting kali ini membahas sedikit tentang istilah domain dan hosting.

Pengenalan Dasar Internet: Domain Name (Nama Domain)

Domain Name adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi server komputer di jaringan komputer yang tergabung dalam internet. Domain Name (Nama domain) adalah nama unik yang digunakan sebagai alias dari satu alamat IP server. Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang di alamatkan oleh domain tersebut.

Beberapa Istilah seputar domain:

  • Top Level Domain – bagian paling belakang dari sebuah domain name
  • Second Level Domain – Bagian setelah Top Level Domain
  • Subdomain – domain yang menjadi bagian dari domain yang lebih besar

Contoh:

  • www.news.google.com
  • luthfi.staff.ub.ac.id

Keterangan:

  • com, web.id adalah Top Level Domain
  • google, sashindo adalah Second Level Domain
  • news, blog adalah subdomain

Pengenalan Dasar Internet: Hosting

Hosting adalah tempat atau jasa internet untuk membuat halaman website yang telah anda buat menjadi online dan bisa diakses oleh orang lain.

Wikipedia: Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Beberapa jenis layanan hosting:

  1. Shared Hosting
    Menggunakan server hosting bersama sama dengan pengguna lain satu server dipergunakan oleh lebih dari satu nama domain. Artinya dalam satu server tersebut terdapat beberapa account yang dibedakan antara account satu dan lainnya dengan username dan password.
  2. VPS, Virtual Private Server, atau juga dikenal sebagai Virtual Dedicated Server
    Merupakan proses virtualisasi dari lingkungan software sistem operasi yang dipergunakan oleh server. Karena lingkungan ini merupakan lingkungan virtual, hal tersebut memungkinkan untuk menginstall sistem operasi yang dapat berjalan diatas sistem operasi lain.
  3. Dedicated Server
    Penggunaan server yang dikhususkan untuk aplikasi yang lebih besar dan tidak bisa dioperasikan dalam shared hosting atau virtual dedicated server. Dalam hal ini, penyediaan server ditanggung oleh perusahaan hosting yang biasanya bekerja sama dengan vendor.
  4. Colocation Server
    Layanan penyewaan tempat untuk meletakkan server yang dipergunakan untuk hosting. Server disediakan oleh pelanggan yang biasanya bekerja sama dengan vendor.

Hal-hal yang harus anda perhatikan ketika memilih hosting untuk blog atau website:

  1. Kebutuhan anda terhadap space dan bandwidth.
    Semakin banyak tulisan, file atau media, maka semakin besar space yang akan dibutuhkan. Semakin banyak pengunjung blog anda maka semakin besar bandwidth yang dibutuhkan agar tidak terjadi server full load
  2. Layanan dan fitur hosting.
    Layanan ini mencakup software apa saja yang ada di hosting serta support dari jasa hostingnya.
  3. Target pengunjung.
    Jika anda memilih target pengunjung dari dalam negeri sebaiknya hosting menggunakan server lokal (Indonesia) saja agar lebih menghemat bandwidth. Akan tetapi jika bila target adalah pengunjung dari luar negri, maka akan lebih baik memilih server yang berada di luar negri pula.
  4. Harga hosting.
    Kenali dan baca produk layanan dan keunggulan hosting tersebut agar jasa yang disewa sesuai dengan uang yang dikeluarkan.

Artikel ini sudah masuk dalam modul Pelatihan Pengenalan Dasar Internet sebelumnya, silahkan download file pdf: pengenalan dasar internet booklet

One thought on “Pengenalan Dasar Internet: Domain dan Hosting

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *