Pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah

By | 10 November 2013

Pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah dari sebagian peserta pelatihan internet yang saya tanya, kebanyakanmasih belum dirasa maksimal. Sebagian besar masih nyaman dengan melakukan pemasaran secara offline atau bertemu langsung dengan konsumen mereka. Beberapa lagi masih enggan menggunakan internet lantaran asumsi mereka internet membutuhkan biaya yang mahal, apalagi dengan membangun website untuk memasarkan produk mereka.

Sebetulnya, pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah itu tidak terlalu sulit, asalkan ada kemauan, seseorang pasti akan bisa. Seseorang bisa karena terbiasa. Kata-kata itu sering saya lontarkan, paling tidak untuk memotivasi teman-teman UKM untuk memulai mengonlinekan bisnis mereka di internet. Entah mereka yang memang mempunyai produk yang akan dipasarkan di internet ataupun mereka yang mempunyai bidang jasa tetapi sulit untuk memasarkan jasa mereka di internet.

Perkembangan internet semakin bertambah. Dengan internet, berbagai kegiatan dapat dilakukan, antara lain kegiatan e-marketing, social network, chatting, membaca berita, bertukar informasi, dan masih banyak lagi. Dengan meningkatnya pengguna internet setiap harinya, para pelaku bisnis UKM dapat memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan sebagai salah satu strategi dalam  memasarkan bisnisnya. Para pelaku bisnis UKM dapat memanfaatkan internet untuk keperluan komunikasi dengan berbagai pihak, baik di lingkup nasional bahkan internasional sekalipun.

Pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah untuk pelaku bisnis UKM memang bukan satu-satunya cara untuk memperbaiki dan meningkatkan produk atau jasa yang dihasilkan, namun pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah yang dilakukan oleh para pelaku bisnis UKM dapat memberikan nilai positif terhadap peningkatan kerja karena banyaknya keuntungan yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan terknologi internet tersebut. Kemajuan internet dan teknologi dirasa sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran produk dan jasa bagi para pelaku bisnis UKM. Dengan pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah  diharapkan dapat meningkatkan pemahaman kepada para  pelaku bisnis UKM untuk mulai memanfaatkan penggunaan internet dalam mendukung kegiatan operasional bisnis mereka.

Beberapa hal yang melatarbelakangi pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah diantaranya adalah:

  • Dapat membantu peningkatan aktivitas bisnis produk dan jasa
  • Dapat dijadikan sebagai salah satu strategi pemasaran online
  • Interaksi dengan internet jelas dan mudah dimengerti
  • Pengguna dapat menguasai dan menggunakan internet dalam waktu yang relatif singkat
  • Dapat membantu mencari sebanyak-banyaknya informasi yang dibutuhkan
  • Dapat memudahkan dalam pencarian informasi lebih cepat
  • Peningkatan jumlah rekan bisnis/mitra yang dimiliki oleh UKM setelah menggunakan internet
  • Peningkatan jumlah pesanan yang diterima setelah menggunakan website sebagai media pemasaran online
  • Peningkatan jumlah produksi setelah menggunakan website sebagai media pemasaran online
  • Peningkatan pendapatan (omzet) yang diperoleh UKM setelah menggunakan website sebagai media pemasaran online
  • Peningkatan profit yang diperoleh UKM setelah menggunakan website sebagai media pemasaran online
  • Peningkatan skala bisnis yang dialami UKM setelah menggunakan internet

Keuntungan yang lain dari pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah:

  1. Memperpendek jarak
    Para pelaku UKM dapat lebih mendekatkan diri dengan konsumen dengan cara menampilkan produk atau jasa secara online dengan e-commerce, konsumen dapat melihat dimanapun mereka berada.
  2. Memperluas pasar
    Dengan pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah, para pelaku UKM dapat melakukan pemasaran yang semakin luas dan tidak terbatas dimanapun meraka berada.
  3. Memperluas jaringan mitra bisnis
    Dalam aktivitas perdagangan tradisional atau mungkin bisa dikatakan perdagangan secara konvensional, dimana penjual bertemu langsung dengan pembeli, berarti usaha jual beli tersebut dilakukan dalam lingkup yang sempit, artinya jual beli tersebut tidak akan berkembang secara lebih luas. Bagaimanapun juga, dalam pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah ini, bisa dipastikan mitra kerja sangatlah penting untuk bekerjasama baik teknis maupun non-teknis. Dengan adanya perdagangan elektronik lewat jaringan internet, tentunya akan sangat berdampak untuk meluasnya usaha jual beli secara mendunia.
  4. Efisiensi
    Pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah akan sangat memangkas biaya operasional. UKM yang berdagang secara eletronik tidak membutuhkan kantor dan toko yang besar, menghemat kertas yang digunakan untuk transaksi, periklanan, serta pencatatan. Selain itu, perdagangan elektronik juga sangat efisien dari sudut waktu yang digunakan. Pencarian informasi produk dan transaksi dapat dilakukan lebih cepat dan akurat.

Selanjutnya, pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah yang bagaimanakah yang sebaiknya dimanfaatkan oleh teman-teman UKM di Indonesia? Semoga saya bisa menuangkan ide lagi beberapa aplikasi website CMS (Content Management System) untuk pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah.

One thought on “Pemanfaatan website untuk usaha kecil menengah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *