Pelatihan Pengenalan Dasar Internet

By | 9 November 2013

pengenalan dasar internetPelatihan pengenalan dasar internet ini diselenggarakan oleh Himpunan Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang kebetulan saya ditunjuk untuk memberikan sedikit materi tentang pengenalan dasar internet. Pada intinya, dalam pelatihan ini peserta mengetahui tentang pengertian internet dan pemanfaatannya untuk menunjang proses belajar. Baik dalam pencarian literatur kuliah, menyelesaikan tugas ataupun membuat jurnal.

Internet adalah jaringan komputer yang saling terhubung secara global yang memungkinkan pengguna internet saling bertukar informasi/data melalui jaringan tersebut. Internet adalah sistem komunikasi data berskala global, suatu infrastruktur yang terdiri dari hardware dan software yang menghubungkan komputer yang berada di jaringannya.

Beberapa pendapat bahwa internet sebenarnya mengacu kepada istilah untuk menyebut sebuah jaringan, bukannya suatu aplikasi tertentu. Karenanya, internet tidaklah memiliki manfaat apa-apa tanpa adanya aplikasi yang sesuai. Internet menyediakan beragam aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Setiap aplikasi berjalan diatas sebuah protokol tertentu. Istilah “protokol” di internet mengacu pada satu set aturan yang mengatur bagaimana sebuah aplikasi berkomunikasi dalam suatu jaringan.

Pengenalan Dasar Internet: WWW (World Wide Web)

Web adalah sebuah sistem dimana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, dan lain-lain yang tersimpan dalam sebuah internet webserver dipresentasikan dalam bentuk hypertext. Informasi di web dalam bentuk teks umumnya ditulis dalam format HTML (Hypertext Markup Language). Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF, JPG, PNG), suara (dalam format MP3, AU, WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie).

Web dapat diakses oleh perangkat lunak web client yang secara populer disebut sebagai browser. Browser membaca halaman-halaman web yang tersimpan dalam webserver melalui protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol). Dewasa ini, tersedia beragam perangkat lunak browser.

Browsing internet adalah  suatu kegiatan menjelajahi internet dengan menggunakan program yang dinamakan browser. Cukup banyak browser yang tersedia di internet, beberapa di antaranya adalah Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, Netscape, Safari, dll.

Pengenalan Dasar Internet: Electronic Mail/Email/Messaging

Email merupakan aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver. Suatu Mailbox memiliki sebuah alamat sebagai pengenal agar dapat berhubungan dengan mailbox lainnya, baik dalam bentuk penerimaan maupun pengiriman pesan. Pesan yang diterima akan ditampung dalam mailbox, selanjutnya pemilik mailbox sewaktu-waktu dapat mengecek isinya, menjawab pesan, menghapus, atau menyunting dan mengirimkan pesan email.

Pengelompokan layanan email:

  1. Email berbasis client
    Bagi pengguna email berbasis client, aktifitas dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak email client, misalnya Thuderbird, Eudora atau Outlook Express. Perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline (tidak tersambung ke internet) dan koneksi hanya diperlukan jika akan melakukan pengiriman atau menerima email, dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
  2. Email berbasis web
    Bagi pengguna email berbasis web, aktivitas harus dilakukan melalui suatu situs web. Untuk menggunakannya haruslah dalam keadaan online. Beberapa penyedia layanan email gratis, yahoo.com, google.com, hotmail.com.

Pengenalan Dasar Internet: File Transfer Protocol (FTP)

Fasilitas ini dipergunakan untuk melakukan pengiriman (upload) atau menyalin (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet.

Dalam pengenalan dasar internet ini dijelaskan beberapa aplikasi seperti FTP, Cute FTP dan WS_FTP. Aplikasi-aplikasi ini umumnya dimanfaatkan untuk transaksi FTP yang bersifat dua arah (active FTP). Dalam prakteknya tidak semua semua server FTP dapat diakses oleh pengguna internet yang mempunyai account salah satu server misalnya. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah penyalahgunaan yang dapat berakibat fatal bagi sebuah server FTP. Untuk dapat mempergunakan fasilitas FTP tersebut, maka pengguna harus memiliki hak akses untuk mengirimkan file ke sebuah server FTP. Hak akses tersebut berupa sebuah login name dan password sebagai kunci untuk memasuki sebuah sistem FTP server.

Pengenalan Dasar Internet: Manfaat Internet

Beberapa manfaat internet:

  1. Media Komunikasi
    • Antar Individu
    • Kelompok
  2. Media Informasi
    -Pencarian Informasi
    -Akses & Publikasi Informasi
  3. Electronic Commerce
    -Publikasi WWW
    -Transactions

Banyak sekali manfaat internet, selain sebagai media pencarian informasi, banyak sekali manfaat yang bisa digali yang nantinya berujung kepada bagaimana caranya kita dapat menghasilkan uang dari internet tersebut. hehehe… Artikel setelah ini akan mengulas tentang Pengenalan Dasar Internet: Domain dan Hosting.

Pelatihan pengenalan dasar internet ini sudah saya rangkum ke dalam file pdf. Download modul pengenalan dasar internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *