Membuat toko online di Blogspot

By | 9 June 2012

Membuat toko online di blogspot merupakan langkah alternatif buat kita jika terbentur dengan biaya pembelian hosting dan domain. Dengan blogspotpun kita bisa membuat toko online, bahkan tidak kalah dengan toko online yang mempunyai hosting dan domain sendiri. Memang tidak sebaik hosting yang berbayar, tetapi kalau tujuan kita menjual produk di internet terpenuhi, kenapa kita mesti minder? Tujuannya terpenuhi maksudnya di sini adalah informasi produk yang tersedia jelas, alur pengiriman yang pasti dan model pembayaran yang jelas dan pas.

Pertama, kita sudah mempunyai rencana awal produk apa yang akan dijual di toko online kita. Apakah produk Anda sendiri atau produk orang lain yang kita lebih kenal dengan istilah dropshipper. Untuk lebih menguasai bahasa marketing dalam menawarkan produk yang kita jual, kita sebaiknya menguasai seluk beluk produk yang kita jual. Tak kenal maka sulit bagi kita untuk menawarkan.

Kedua, kita membuat toko online di blogspot. Kalau belum punya, silahkan daftar dulu di Blogger, syaratnya kita harus mempunyai account email di Google. Setelah blog kita terdaftar di blogspot, kita pasti akan mencari template apa yang sesuai dengan tema toko online kita. Banyak template gratis di internet yang bisa kita download dan kita implementasikan untuk toko online kita. Coba cari di Google, Yahoo dan Bing untuk mencari template gratis. Kalaupun kita tidak memakai template online tersebut, menurut kita sepertinya tidak menjadi masalah, asalkan informasi produk, alur pembayaran dan pengiriman kita jelas, silahkan kunjungi UKM Cerdas untuk melihat demo templatenya. Memang tidak ada fasilitas untuk melihat keranjang belanja atau proses pembayaran, yang ada hanya memperkenalkan produk atau katalog dan kita tulis di situ harga dan tata cara pembayaran dan pengirimannya. Pembeli nanti tinggal SMS atau email tentang produk yang akan dibeli, nah kalau sudah seperti itu berarti tidak ada bedanya dengan online store yang lain, kan? Tinggal kita pintar-pintar mengolah bahasa dan penyampaian informasi produk yang kita jual tersebut.
Template toko online bisa jadi bukan syarat yang utama, akan tetapi kepercayaan pembeli yang harus kita bangun dan kita jaga agar toko online kita bisa langgeng jaya.